Langsung ke konten utama

SONGS

           Song
A.Pengertian song 
          Song/lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

       Lagu dapat dinyanyikan secara solo, berdua (duet), bertiga (trio) atau dalam beramai-ramai (koir). Perkataan dalam lagu biasanya berbentuk puisi berirama, namun ada juga yang bersifat keagamaan ataupun prosa bebas. Lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung kepada ukuran yang digunakan.

          Nyanyian adalah syair yang dilafalkan sesuai nada, ritme, birama, dan melodi tertentu hingga membentuk harmoni. Nyanyian sering juga disebut sebagai lagu yang berarti gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

        Bernyanyi adalah melafalkan syair sesuai nada, ritme, dan melodi tertentu hingga membentuk harmoni.
Genre laguSunting

Saat ini, genre lagu yang paling banyak didengar adalah pop, rock, EDM, hip-hop. Ada pula musik country yang berkembang dan terkenal di wilayah Amerika, blues, soul, jazz dan beberapa genre musik folk seperti bluegrass dan keroncong yang dikenal di Indonesia saat ini dan musik Latino dari Amerika Latin dan musik K-Pop dari Korea Selatan yang sekarang sangat terkenal di dunia.
Perkembangan laguSunting

Seiring berjalannya waktu dan bertambah maju nya perkembangan musik dunia membuat orang-orang semakin kreatif dalam memproduksi lagu. Pada saat ini, lagu mengalami perubahan dari segi lirik dan alunan musiknya. Lirik yang dulu bertemakan cinta, persahabatan, dan kehidupan kini dapat berubah menjadi kebebasan, pergaulan bebas, dan bahkan mengandung unsur seks dan konten eksplisit. Oleh karena itu parental advisory sangat dibutuhkan saat ini di era perkembangan produksi lagu yang sangat pesat. Tak hanya terjadi dalam perubahan lirik, alunan musik yang dipakai untuk mengiringi lagu pun juga mengalami perubahan. Karena perubahan itulah, terjadi cross genre atau percampuran satu genre dengan genre lainnya yang akhirnya disatukan menjadi sebuah lagu. Cross genre yang biasa kita dengar adalah pop-rock, pop-electro, country-pop, atau pop-folk.
Lagu anak-anakSunting

       Lagu anak-anak adalah lagu yang dirancang sedemikian rupa, baik lirik maupun melodinya sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak. Melodi lagu anak umumnya bertempo sedang dan kaya pengulangan. Sementara liriknya disusun dengan bahasa yang sederhana, mudah diucapkan, dan kaya pengulangan.
Dengerin lagu adalah salah satu hobi yang hampir tiap hari aku lakuin. Dengerin lagu itu emang enak banget, bisa ngehibur hati yang lagi nggak enak. Lagu bisa mencairkan suasana yang kurang nyaman. Dengerin lagu sebaiknya dipilih yang lirik-liriknya sesuai keinginan hati kita. Tapi kalo lagi sakit hati, usahain jangan dengerin lagu-lagu cengeng, ntar malah tambah sedih, tau-tau air mata bisa netes sendiri tuh (haha, pengalaman). Cari aja lagu yang semangat empat lima-an, biar kita juga bisa ikut semangat lagi, nggak melulu terpuruk, segera bangkit lah, ato bahasa sekarang biasa disebut ‘move on’. Kecuali kalo emang lagi pengen ndengerin lagu yang slow-slow aja.

Lagu itu mbuat hati kita tenang, tergantung dari kesukaan kita sih. Kaya sekarang nih, aku lagi ndengerin lagu westlife yang lagunya emang asyik untuk didengerin. Aku suka sama lagu-lagu westlife soalnya lagunya itu nggak terlalu slow tapi juga nggak terlalu yang keras-keras gitu. Jadi deh enak di telinga. Walopun sebenarnya aku juga nggak tau maknanya, orang artinya aja sering nggak ngertinya. Tapi itu nggak masalah sih, nggak mengurangi keelokan lagu itu.  Kecuali kalo aku lagi pengen nyanyiin tuh lagu ato penasaran sama isi lagunya, baru deh searching di google.

Oya, kalo menurutku sih ada beberapa manfaat dari ndengerin lagu, khususnya ya buat aku sendiri. Inilah perinciannya:
Yang jelas ya untuk hiburan, alesan paling umum yang banyak digunakan. Nggak bisa dipungkiri sih, kalo abis ngerjain banyak tugas ato abis ngejalanin hari-hari ulangan harian, kadang pikiran kita bisa puyeng tujuh keliling tuh. Otak juga butuh istirahat, butuh penyegaran kembali, salah satunya ya bisa dengan cara listening to music.
Manfaat kedua, dengerin musik bisa nenangin hati, terutama bagi para galauwers yang bingung cari cara buat melupakan masalahnya. Menurutku, ndengerin music bisa juga jadi sedikit obat galau. Lumayanlah, bisa sejenak ngelupain masalah yang kita hadepin.
Buat nostalgia. Lagu itu bisa banget buat kita kebawa dengan liriknya yang mungkin berhubungan sama masa lalu kita. Ato bisa juga di saat-saat tertentu, kita sering dengerin satu lagu, dan akhirnya lagu itu seperti bersejarah buat perjalanan hidup kita.
Sarana pembelajaran. Kalo buat aku, lagu bisa juga buat belajar, khususnya belajar bahasa inggris. Kita bisa dengerin lagunya dulu berkali-kali buat mengetahui liriknya. Setelah itu, baru kita buka kunci aslinya ato liriknya. Kalo liriknya sesuai sama perkiraan kita, berarti pelajaran bab listening kita baik. Selanjutnya kita pahamin isi liriknya, dan kalo ada kata-kata yang kurang dimengerti, cari aja di kamus. Itung-itung nambah vocab kita.
Manfaat terakhir ini yang agak aneh, yaitu buat membunuh waktu. Biasanya, kalo aku lagi sendirian dan nggak ada kerjaan, yaudah deh, ambil hp ambil headset, pasang di telinga, setel dengan volum sedang. Nah, dengan cara gitu, aku nggak bakal ngerasa kesepian lagi, haha.. Sebenernya kalo dipikir-pikir, emang kurang efektif sih, malah bisa aja ngerugiin kita sendiri. Waktu yang bisa kita pake buat hal lain, malah terkesan dibuang-buang percuma. Tapi, udah tau gitu, tetep aja aku lakuin. Maklum, dasarnya emang males mo ngapa-ngapain.
Yah, itulah kawan-kawan, fungsi dan manfaat dengerin music menurut pendapatku sendiri (versiku) dan berdasarkan beberapa fakta, ditambah pengalaman pribadi. Jadinya ya seperti tertulis diatas itu. Intinya, boleh-boleh aja ndengerin lagu, asal jangan kebablasan deh sampe ngelupain kewajiban-kewajiban kita. Semoga post ini bermanfaat dan kalo ada saran n tambahan lainnya, silahkan komen dibawah.
fungsi lagu daerah adalah :
1. sebagai hiburan
2. meningkatkan rasa kebudayaan
3. mempelajari tentang budaya
4. meningkatkan seni
5.memperkenalkan budaya kita

    Identifying social functions and structure of English song

                                            Earth song

                                 Michael Jackson
Verse 1
What about sunrise
What about rain
What about all the things that you said
We were to gain
What about killing fields
Is there a time
What about all the things
That you said were yours and mine
Chorus
Did you ever stop to notice
All the blood we’ve shed before
Did you ever stop to notice
This crying Earth, these weeping shores
Aah, ooh
Verse 2
What have we done to the world
Look what we’ve done
What about all the peace
That you pledge your only son
What about flowering fields
Is there a time
What about all the dreams
That you said was yours and mine
Chorus
Did you ever stop to notice
All the children dead from war
Did you ever stop to notice
This crying earth, these weeping shores
Aah, ooh
Aah, ooh
Verse 3
I used to dream
I used to glance beyond the stars
Now I don’t know where we are
Although I know we’ve drifted far
Aah, ooh
Aah, ooh
Aah, ooh
Aah, ooh
Bridge
Hey, what about yesterday
(What about us)
What about the seas
(What about us)
The heavens are falling down
(What about us)
I can’t even breathe
(What about us)
What about apathy
(What about us)
Drowning in the seas
(What about us)
What about the promised land
Preachin’ what I believe
(What about us)
What about the holy land
(What about it)
What about the greed
(What about us)
Where did we go wrong
Someone tell me why
(What about us)
What about baby boy
(What about him)
What about the days
(What about us)
What about all their joy
Do we give a damn
Aah, ooh
Aah, ooh

          Song lyrics can appeal to emotions, and they should also appeal to the ear. It can be assumed that different genres of songs will exhibit different styles of lyrics. The verse of songs contains the details of the song: the story, the events, images, and emotions that the writer wishes to express. Song are not always composed of simple sentence structure or grammar. Lyrics are characterized by the use of rhythms, conversational speech, and poetic expressions. The following are the leanguage features of songs.
Lyrics are written in first, second, or third person given on the specific perspective you choose. Often time point of views change in lyrics, but only when needed.
They use rhyming words. Usually songs use a familiar catchy tune and rhyme. A rhyme is a linguistic style, based on consonance or similiar sound of two or more syllables or whole words at the end of one line; rhymes are most commonly used in poetry and songs.
They use alliteration. It is a stylistic device in which a number of words, having the same  first conconant sound, occur close together in a series, for example: A big bully beats a baby boy.
Some songs use poetic devices, such as figure of speech and imagery. While songs can paint a vivid picture since they are longer mediums, imagery can be found in just a single sentences as well. Imagery is vivid descriptive language that appeals to one or more of the senses (sight, hearing, touch,semll, and taste) for example : Her blue eyes were as bright as the sun, blue as the sky, but soft as silk. A figure of speech is a word or phrase that has a meaning something different than its literal meaning.
Some songs use amusing word play and slang language. A word play is the manipulation of language (in particular, the sounds, and meanings of words) with the intent to amuse; verbal wit. Salng is kind of language consisting of very informal words and phrases. Slang is more common in speech than in writing, for example: gonna, wanna, ain’t, etc.

.  SOSIAL FUNCTION OF SONGS

Teh social function of song are:
To entertain the listeners.
To teach moral value through the lyrics of the songs.
To provide a way of managing the realitionship between our public and private emotional life.
To express personal feeling and cultural values.
To give someone to not only shares their emotions with others, but also to have an emotional connection that just can’t be experienced in any other way
C. FITUR BAHASA LAGU

       Lirik lagu dapat menarik bagi emosi, dan mereka juga harus menarik bagi telinga. Dapat diasumsikan bahwa genre lagu yang berbeda akan menunjukkan gaya lirik yang berbeda. Ayat lagu berisi perincian lagu: kisah, peristiwa, gambar, dan emosi yang ingin diungkapkan oleh penulis. Lagu tidak selalu terdiri dari struktur kalimat atau tata bahasa yang sederhana. Lirik ditandai dengan penggunaan ritme, percakapan, dan ekspresi puitis. Berikut ini adalah fitur bahasa lagu.
1. Lirik ditulis dalam orang pertama, kedua, atau ketiga yang diberikan pada perspektif spesifik yang Anda pilih. Seringkali sudut pandang waktu berubah dalam lirik, tetapi hanya jika diperlukan.

2. Mereka menggunakan kata-kata berima. Biasanya lagu-lagu menggunakan nada dan rima yang mudah diingat. Sebuah sajak adalah gaya linguistik, berdasarkan pada konsonan atau bunyi yang sama dari dua atau lebih suku kata atau seluruh kata pada akhir satu baris; sajak paling sering digunakan dalam puisi dan lagu.

3. Mereka menggunakan aliterasi. Ini adalah perangkat gaya di mana sejumlah kata, yang memiliki suara konsonan pertama yang sama, muncul berdekatan dalam suatu rangkaian, misalnya: Seorang pengganggu besar memukuli seorang bayi laki-laki.
4. Beberapa lagu menggunakan perangkat puitis, seperti kiasan dan citra. Sementara lagu dapat melukis gambar yang jelas karena media yang lebih panjang, pencitraan dapat ditemukan hanya dalam satu kalimat. Citra adalah bahasa deskriptif yang hidup yang menarik bagi satu atau lebih indera (penglihatan, pendengaran, sentuhan, semll, dan rasa) misalnya: Mata birunya seterang matahari, biru seperti langit, tetapi selembut sutra. Suatu kiasan adalah kata atau frasa yang memiliki makna sesuatu yang berbeda dari makna literalnya.

5.Beberapa lagu menggunakan permainan kata dan bahasa slang yang lucu. Permainan kata adalah manipulasi bahasa (khususnya, suara, dan makna kata) dengan maksud untuk menghibur; kecerdasan verbal. Salng adalah jenis bahasa yang terdiri dari kata dan frasa yang sangat informal. Bahasa gaul lebih umum dalam ucapan daripada dalam tulisan, misalnya: akan, ingin, tidak, dll.

CONTOH SOAL SONG BESERTA JAWABAN

Text 1. For question number 1-4

Once, there was a family who had a baby. They also had a dog named Blackie and it was very smart and faithful. Blackie used to take care the baby while the family working in the Farm.

One afternoon, while they were working, they heard Blackie barking. Blackie was running toward them with mouth covered in blood. The husband shocked. He thought that Blackie killed the bab. Suddenly he took his grass knife and hit the dog until it died.

They got home quickly and saw the baby was sleeping. When he looke around, he found a die big Snake covered in blood. It seemed that blackie killed the Snake and he killed blackie.

1. Who was Blackie? Blackie was…

a. The dog

b. The husband

c. The wife

d. The baby
2. Why was blackie running toward the family? Because…

a. It was Hurt

b. It wanted to tell there’s danger almost happened

c. It wanted to catch the Snake

d. The baby sleeping

3. The dog was killed by….

a. The Snake

b. The wife

c. The husband

d. The baby

4. What Kind of the narrative is it? It is…

a. Horor

b. Romance

c. Science fiction

d. Mystery

5. My mother ….. to the Market yesterday

a. Went

b. Gone

c. Go

d. Have One

6. The pink blouse father gave me is 
old, itscolor has faded. Its refers to…

a. Father

b. Blouse

c. Old

d. Color

7. Watch the telly tonight. My father is on TV at seven. He always make me happy.

From the bold words we know that the speaker feels …….. her father.

a. Dissapointed at

b. Worried about

c. Proud of

d. Angry with

8. I’m sorry i dont meet you, but i really wish i …. you

a. Meet

b. Will meet

c. Have met

d. met

9. I eat everything … she said

a. Which

b. Who

c. Why

d. Whom

10. ….. you met your teacher last Saturday?

a. Are

b. Did

c. Does

d. Do
Text 2.  for question number 11-15

Dear Talia

It is a (11)… to read your letter and to know about the summer course at your campus. I’ll be (12)… to go with you. My bus (13)… be at your campus at 3 pm on Sunday. If you dont mind, i’d like you (14)… me at the halte. See you (15)… Sunday.

11.   a. regret

b. sad

c. pleasure

d. proud

12.   a. sorry

b. sad

c. worried

d. happy

13.   a. will

b. can

c. should

d. sorry

14.  a. have met

b. meet

c. met

d. meeting

15.   a. at

b. in

c. on

d. off

Sumber/Source:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lagu
https://husnamafaza.wordpress.com/tag/fungsi-lagu/
https://azbahasainggris.com/contoh-soal-bahasa-inggris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GEOGRAFI BENUA EROPA

Benua Eropa Juli 29, 2019 Geografi Benua Eropa Benua Eropa  adalah sebuah benua yang yang berada antara Samudra Atlantik di barat, Laut Arktik di utara, Pegunungan Ural dan Sungai Ural di timur, Laut Kaspia, pegunungan Caucasan dan Laut Hitam di Tenggara, dan Laut Mediterania di selatan.  Bentuk Benua Eropa berupa jazirah besar yang memiliki banyak teluk sehingga mudah dicapai melalui laut. Secara geologis daratan Eropa menyatu dengan daratan Asia dan sering dinamakan Eurasia. Benua Eropa terletak di belahan bumi bagian utara. Luas daratan Eropa menempati urutan kedua terkecil setelah Benua Australia. Keadaan Umum Benua Eropa 1. Luas wilayah Benua Eropa, Luas daratan Eropa sekitar 10.900.000 KM2. 2. Letak astronomis Benua Eropa, Eropa terletak antara 360 LU-710 LU dan 90 BB-660 BT. 3. Letak geografis Benua Eropa, Benua Eropa terletak antara Samudera Arktik dan Benua Afrika, dan antara Benua Asia dengan Samudera Atlantik.  Batas-batas wilayah Benua Eropa. Utara       : Samudera Ark

COMPARATIVE DEGREE

Sabtu, 05 Januari 2019 Comparative Degree Pengertian Comparative Degree Comparative Degree adalah jenis kedua dari  Degrees of Comparison  yang menyatakan perbandingan tingkat lebih. Comparative Degree menyatakan bahwa sifat atau keterangan suatu benda lebih daripada benda yang lainnya. Sebagai contoh : Benda A lebih tinggi daripada benda B, Benda B lebih berat daripada Benda C, Benda C lebih mahal daripada Benda D, dan sebagainya. Rumus Comparative Degree Ada dua macam rumus yang kita gunakan untuk menyatakan suatu Comparative Degree, antara lain adalah sebagai berikut : Untuk kata sifat (Adjective) yang pendek atau terdiri dari satu suku kata (one Syllable), maka rumusnya adalah sebagai berikut : Adjective + er + than Beberapa contoh kata sifat pendek (one syllable) yang dapat kita gunakan dalam Comparative Degree misalnya sebagai berikut : Sedangkan untuk kata sifat (Adjective) yang Panjang atau lebih dari satu suku kata (more than one Syllable), maka rumusnya adalah seba

PAST TEN

Simple Past Tense Pengertian Simple Past Tense Simple past tense  adalah suatu bentuk kata kerja sederhana untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi di masa lampau. Pada  simple past tense , waktu kejadian (yesterday, last two days, last year) atau periode waktunya (for two months, for a day, for an hour) dapat disebutkan secara spesifik.  Simple past tense  juga dapat digunakan untuk membentuk  conditional sentence tipe 2 . Rumus Simple Past Tense Simple past tense  dibentuk dari verb-2 (past tense) berupa kata kerja biasa atau  verb “to be” . Verb-2 merupakan  bare infinitive  (bentuk dasar verb ) dengan tambahan  -ed ,  -en ,  -d ,  -t ,  -n , atau  -ne untuk  regular verb  atau bentuk yang tidak konsisten pada  irregular verb , sedangkan pada verb “to be”, verb-2 berupa  was  dan  were . Was yang merupakan  singular verb  digunakan pada  singular subject  berupa  singular noun (seperti: Andi,  book , dan  cat ) dan  singular pronoun (seperti:  I ,  she ,  he , dan  it )