Langsung ke konten utama

PRESENT CONTINOUS

Sabtu, 27 Juli 2019

    PRESENT CONTINOUS  TENSE

Present continuous tense adalah pola kalimat bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan kegiatan yang sekarang ini sedang berlangsung (dalam proses). Agar pengetahuan keterangan waktu 16 tenses semakin bertambah, materi ini akan membahas contoh soal present continuous tense dan jawabannya.

Rumus present continuous tense:

Kalimat positif present continuous tense
Subject + to be + kata kerja/verb + ing
Contoh:
The boys are talking about their favorite band at present.
Kalimat negatif present continuous tense
Subject + to be + not + kata kerja/verb + ing
Contoh:
The boys are not talking about their favorite band at present.
Kalimat interogatif present continuous tense
To be + subject + kata kerja/verb + ing
Contoh:
Are the boys talking about their favorite band at present?
Keterangan to be:
is digunakan untuk subjek she, he, it, nama orang
am digunakan hanya untuk subjek I
are digunakan untuk subjek they, we, you

Fungsi Present Continuous Tense
Keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam contoh kalimat present continouos tense antara lain now, right now, at present, at the moment, today. Present continuous tense memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Digunakan untuk mengungkapkan suatu kebiasaan yang sekarang masih berlangsung.
Contoh:
Mr. Leo is teaching Japanese this semester.
Digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang sedang terjadi pada saat sekarang, tetapi tidak berarti sedang terjadi pada saat kita berbicara.
Contoh:
What are they doing right now?
They are reading a book right now.
Digunakan untuk memberitahukan dan menanyakan apa yang sedang berlangsung/terjadi/dilakukan oleh seseorang pada saat kita berbicara sekarang ini.
Contoh:
Is Dewi writing a letter at the moment?
Yes, she is. / No, she isn’t.
Contoh Soal Present Continuous Tense dan Jawabannya
Berikut adalah contoh soal present continuous tense dan jawabannya untuk berlatih menggunakan tenses bahasa Inggris yang tepat.

1.Luki: What is Priyo doing in his vacation now?
Lusi: He is … to Bangladesh now.
a) go
b) went
c) gone
d) going 
2.Desta: What is your sister doing with her friends in the library?
Pras: They are …
a) buying some books
b) lending some books
c) borrowing some books
d) collecting some books
3.I … to help her, if I have time.
a) am going
b) go
c) goes
d) went
4. … you … when I visited your house yesterday?
a) were sleeping
b) are sleeping
c) did sleeping
d) were sleep
5.Olla: Where is Mommy, Daddy?
Father: She is in the living room. She … movie on TV.
a) watched
b) watches
c) is watching
d) will watch 
6. … is taking a trip to Gili Meno.
a) They
b) When
c) The woman
d) Her
7.Are we … cake now?
a) eating
b) eat
c) eats
d) has eat
8. … James, is attending the lecture.
a) Right now
b) Happily
c) Because of the time
d) My friend
9.Am I singing again … ?
a) today
b) a few moment
c) last week
d) yesterday
10.She is dancing now, but she … take a rest soon.
a) doesn’t
b) did
c) will
d) can
Kunci jawaban:

1.c) is watching
2.c) The woman
3.a) eating
4.d) My friend
5.b) a few moment
6.c) will
7.a) am going
8.b) are sleeping
9.d) going
10.c) borrowing some books

Sumber:

https://azbahasainggris.com

https://www.kuliahbahasainggris.com/procedure-text-definisi-tujuan-jenis-generic-structure-dan-contoh-terlengkap/

www.kursusmudahbahasainggris.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GEOGRAFI BENUA EROPA

Benua Eropa Juli 29, 2019 Geografi Benua Eropa Benua Eropa  adalah sebuah benua yang yang berada antara Samudra Atlantik di barat, Laut Arktik di utara, Pegunungan Ural dan Sungai Ural di timur, Laut Kaspia, pegunungan Caucasan dan Laut Hitam di Tenggara, dan Laut Mediterania di selatan.  Bentuk Benua Eropa berupa jazirah besar yang memiliki banyak teluk sehingga mudah dicapai melalui laut. Secara geologis daratan Eropa menyatu dengan daratan Asia dan sering dinamakan Eurasia. Benua Eropa terletak di belahan bumi bagian utara. Luas daratan Eropa menempati urutan kedua terkecil setelah Benua Australia. Keadaan Umum Benua Eropa 1. Luas wilayah Benua Eropa, Luas daratan Eropa sekitar 10.900.000 KM2. 2. Letak astronomis Benua Eropa, Eropa terletak antara 360 LU-710 LU dan 90 BB-660 BT. 3. Letak geografis Benua Eropa, Benua Eropa terletak antara Samudera Arktik dan Benua Afrika, dan antara Benua Asia dengan Samudera Atlantik.  Batas-batas wilayah Benua Eropa. Utara       : Samudera Ark

COMPARATIVE DEGREE

Sabtu, 05 Januari 2019 Comparative Degree Pengertian Comparative Degree Comparative Degree adalah jenis kedua dari  Degrees of Comparison  yang menyatakan perbandingan tingkat lebih. Comparative Degree menyatakan bahwa sifat atau keterangan suatu benda lebih daripada benda yang lainnya. Sebagai contoh : Benda A lebih tinggi daripada benda B, Benda B lebih berat daripada Benda C, Benda C lebih mahal daripada Benda D, dan sebagainya. Rumus Comparative Degree Ada dua macam rumus yang kita gunakan untuk menyatakan suatu Comparative Degree, antara lain adalah sebagai berikut : Untuk kata sifat (Adjective) yang pendek atau terdiri dari satu suku kata (one Syllable), maka rumusnya adalah sebagai berikut : Adjective + er + than Beberapa contoh kata sifat pendek (one syllable) yang dapat kita gunakan dalam Comparative Degree misalnya sebagai berikut : Sedangkan untuk kata sifat (Adjective) yang Panjang atau lebih dari satu suku kata (more than one Syllable), maka rumusnya adalah seba

PAST TEN

Simple Past Tense Pengertian Simple Past Tense Simple past tense  adalah suatu bentuk kata kerja sederhana untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi di masa lampau. Pada  simple past tense , waktu kejadian (yesterday, last two days, last year) atau periode waktunya (for two months, for a day, for an hour) dapat disebutkan secara spesifik.  Simple past tense  juga dapat digunakan untuk membentuk  conditional sentence tipe 2 . Rumus Simple Past Tense Simple past tense  dibentuk dari verb-2 (past tense) berupa kata kerja biasa atau  verb “to be” . Verb-2 merupakan  bare infinitive  (bentuk dasar verb ) dengan tambahan  -ed ,  -en ,  -d ,  -t ,  -n , atau  -ne untuk  regular verb  atau bentuk yang tidak konsisten pada  irregular verb , sedangkan pada verb “to be”, verb-2 berupa  was  dan  were . Was yang merupakan  singular verb  digunakan pada  singular subject  berupa  singular noun (seperti: Andi,  book , dan  cat ) dan  singular pronoun (seperti:  I ,  she ,  he , dan  it )