Langsung ke konten utama

DRUG LABEL

Drug Label

July,27 2019

Label (Keterangann) merupakan informasi atau keterangan penting yang ditempelkan pada kemasan berbagai macam produk misalnya, bungkus makanan, botol minuman, bungkus obat-obatan dan lain-lain. Di label produk biasanya terdapat kalimat yang menunjukkan keunggulan produk, petunjuk penggunaan, takaran, kandungan gizi, komposisi produk, tanggal produksi serta tanggal kadaluwarsa. Dengan demikian, calon konsumen yang ingin memanfaatkan produk tersebut mendapat informasi secara detail dan akurat.

Dalam Kemasan produk/label biasanya memberikan beberapa informasi sebagai berikut

1.Name of the product

(Nama Produk/barang)

2.Content/amount

(Isi/jumlah)

3.Description

(Penjelasan seputar produk)

4.Ingredients

(Komposisi)

5.Nutrition Facts

(Informasi Gizi)

5.Use

(Kegunaan/indikasi)

6.Direction to use and Dosage

(Cara menggunakan dan Dosis)

7.Direction to store

(Petunjuk penyimpanan)

8.Expiration date

(Tanggal kadaluarsa)

Contoh Gambar:

SUPPLEMENT FACTS

Service size

: 1 tablet

Serving per container

: 30

Amount of serving

% Daily value

Vitamin C

250 mg

416,67

Calcium (as carbonate)     

50 mg   

7,14

Citrus bioflavonoid 

50 mg  

Rutin   

25 mg 

Hesperidin  

25 mg 

Rose Hips      

125 mg

Acerola     

5 mg

Daily value not 

Suggested use : 1 tablet after meal

This product contains no artificial colors, flavors, preservatives, milk, egg, sugar, chemical solvent, starch or gluten.

1.

Look at the following picture to answer questions number 1 and 2

Which one is the correct statement?

A. Use this product before you wash your hands with water.

B. Rinse your hand after using this product.

C. You can only use this product if there is no water around you.

D. Wash your hand before you use this product.

2.

These are some inactive ingredients of instant hand sanitizer, except...

A. Propylene glycol

B. Aloe vera

C. Water

D. Etyhl alcohol

3.Look at the following picture to answer questions number 3 to 5

From the picture above, how many times should the children 7 years old brush their teeth?

A. At least twice a day

B. Three times a day

C. Once a day

D. 4 times a day

4.

From the picture above, we know that this product is kind of.....

A. Soap

B. Oinment

C. Toothpaste

D. Cough syrup

5.“For best result, squeeze tube from the buttom and flatten as you go up.” This statement is part of .....

A. Warnings

B. Directions

C. Other informations

D. Uses

6.

The above part is usually found in ....

A. Warnings

B. Uses

C. Other information

D. Direction

7.

What kind of product is it?

A. It's a kind of diaper for baby

B. It's wet tissue to clean the baby after wearing of diaper

C. It's a spray product to prevent the baby from the chafed skin and diaper rash

D. It's a cream for the baby to cure the rash caused by wearing the diapers

8..

“No greasy hands and fingers,” The underlined word is close in meaning with.....

A. Wet

B. Oily

C. Droughty

D. Moist

9.

How many times a day 14 years old children should use it?

A. 6

B. 2

C. 8

D. 4

10.

What is the meaning of the statement above?

A. You have to find the broken pouch when using the medicine

B. The medicine with broken or torn pouch cann't be used

C. You are allowed to use the medicine if the pouch is broken

D. The pouch has broken and torn to be used

Answer

1. C

Pada bagian “use” dijelaskan bahwa produk hand and sanitizer ini hanya boleh digunakan bila tidak ada air disekitar kita, artinya bila masih tersedia air lebih baik mencuci tangan dengan  air bersih. Jadi jawaban yang tepat adalah C.

2. D

Dari gambar di atas dapat dilihat beberapa bahan-bahan active dan inactive yang terdapat pada produk tersebut. Pada jenis bahan inactive, Ethyl alcohol tidak termasuk ke dalamnya melainkan termasuk bahan active.

3. A

Pada bagian directions di atas dijelaskan untuk anak di atas 2 tahun disarankan menyikat gigi “at least twice a day” atau, minimal 2 kali sehari. Jadi jawaban yang benar adalah A.

4. C

Dari keterangan gambar di atas bisa kita simpulkan bahwa produk ini termasuk jenis produk pasta gigi, dilihat dari petunjuk pemakaiannya yaitu dengan cara menggunakan produk ini  ketika menyikat gigi atau brushing teeth.

5. C

Dalam kalimat di atas disarankan untuk menekan kemasan pasta gigi dari bawah dan meratakannya ke atas untuk mendapatkan hasil terbaik. Hal tersebut termasuk other information atau informasi tambahan. 

6. C

Dalam kalimat tersebut tertulis untuk tidak menggunakan obat jika kemasan rusak dan hal tersebut masuk ke dalam informasi tambahan atau other information. Jadi jawaban yang tepat adalah C.

7. C

Dari gambar di atas, bisa dilihat bahwa produk tersebut merupakan produk khusus bayi. Produknya berupa obat semprot yang bisa digunakan untuk melindungi kulit bayi dari ruam atau lecet yang diakibatkan oleh pemakaian popoksehari-hari. Jadi jawaban yang tepat adalah C.

8. B

Kata “greasy” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “berminyak atau licin”, dan dari keempat kata pada pilihan jawaban di atas, yang memiliki arti hampir sama adalah kata “Oily” yang artinya juga “berminyak,” sedangkan “wet” artinya “basah,” droughty artinya “kering”, dan “moist” artinya “lembab.”

9. D

Pada medicinal prescription di atas bagian directions menjelaskan berapa banyak dosis obat yang dapat digunakan. Untuk anak berumur 14 tahun mengikuti direction sebagai berikut ‘adults & children 12 yrs & over 2 LiquiCaps with water every 6 hrs’ maka dapat diketahui bahwa orang dewasa dan anak-anak berumur 12 tahun dan di atasnya menggunakan obat tersebut sebanyak 2 LiquiCaps setiap 6 jam sekali. Maka dalam satu hari mereka dapat menggunakan 4 takaran, seperti yang tertulis pada ‘… 4 doses per 24 hours’. Maka jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

10. B

Kalimat ‘Do Not Use if pouch is broken or torn’ bermaksud untuk memberi himbauan agar tidak menggunakan obat yang kemasannya rusak atau sobek. Maka pilihan jawaban yang tepat adalah (B) The medicine with broken or torn pouch cannot be used. Sementara pilihan jawaban A, C dan D tidak sesuai dengan pernyataan di atas.

Sumber:

https://www.itapuih.com/2016/06/penjelasan-dan-contoh-label-terlengkap.html?m=1

http://bahasainggrissmp-mts.blogspot.com/2018/09/belajar-tentang-label-produk.html?m=1

Aplikasi ruang guru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GEOGRAFI BENUA EROPA

Benua Eropa Juli 29, 2019 Geografi Benua Eropa Benua Eropa  adalah sebuah benua yang yang berada antara Samudra Atlantik di barat, Laut Arktik di utara, Pegunungan Ural dan Sungai Ural di timur, Laut Kaspia, pegunungan Caucasan dan Laut Hitam di Tenggara, dan Laut Mediterania di selatan.  Bentuk Benua Eropa berupa jazirah besar yang memiliki banyak teluk sehingga mudah dicapai melalui laut. Secara geologis daratan Eropa menyatu dengan daratan Asia dan sering dinamakan Eurasia. Benua Eropa terletak di belahan bumi bagian utara. Luas daratan Eropa menempati urutan kedua terkecil setelah Benua Australia. Keadaan Umum Benua Eropa 1. Luas wilayah Benua Eropa, Luas daratan Eropa sekitar 10.900.000 KM2. 2. Letak astronomis Benua Eropa, Eropa terletak antara 360 LU-710 LU dan 90 BB-660 BT. 3. Letak geografis Benua Eropa, Benua Eropa terletak antara Samudera Arktik dan Benua Afrika, dan antara Benua Asia dengan Samudera Atlantik.  Batas-batas wilayah Benua Eropa. Utara       : Samudera Ark

COMPARATIVE DEGREE

Sabtu, 05 Januari 2019 Comparative Degree Pengertian Comparative Degree Comparative Degree adalah jenis kedua dari  Degrees of Comparison  yang menyatakan perbandingan tingkat lebih. Comparative Degree menyatakan bahwa sifat atau keterangan suatu benda lebih daripada benda yang lainnya. Sebagai contoh : Benda A lebih tinggi daripada benda B, Benda B lebih berat daripada Benda C, Benda C lebih mahal daripada Benda D, dan sebagainya. Rumus Comparative Degree Ada dua macam rumus yang kita gunakan untuk menyatakan suatu Comparative Degree, antara lain adalah sebagai berikut : Untuk kata sifat (Adjective) yang pendek atau terdiri dari satu suku kata (one Syllable), maka rumusnya adalah sebagai berikut : Adjective + er + than Beberapa contoh kata sifat pendek (one syllable) yang dapat kita gunakan dalam Comparative Degree misalnya sebagai berikut : Sedangkan untuk kata sifat (Adjective) yang Panjang atau lebih dari satu suku kata (more than one Syllable), maka rumusnya adalah seba

PAST TEN

Simple Past Tense Pengertian Simple Past Tense Simple past tense  adalah suatu bentuk kata kerja sederhana untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi di masa lampau. Pada  simple past tense , waktu kejadian (yesterday, last two days, last year) atau periode waktunya (for two months, for a day, for an hour) dapat disebutkan secara spesifik.  Simple past tense  juga dapat digunakan untuk membentuk  conditional sentence tipe 2 . Rumus Simple Past Tense Simple past tense  dibentuk dari verb-2 (past tense) berupa kata kerja biasa atau  verb “to be” . Verb-2 merupakan  bare infinitive  (bentuk dasar verb ) dengan tambahan  -ed ,  -en ,  -d ,  -t ,  -n , atau  -ne untuk  regular verb  atau bentuk yang tidak konsisten pada  irregular verb , sedangkan pada verb “to be”, verb-2 berupa  was  dan  were . Was yang merupakan  singular verb  digunakan pada  singular subject  berupa  singular noun (seperti: Andi,  book , dan  cat ) dan  singular pronoun (seperti:  I ,  she ,  he , dan  it )